MAKALAH
PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
PEMBUATAN ANIMASI MENGGUNAKAN DRAWING CARTOONS 2
Disusun oleh
Hanung Arinditya 13116210
Indah Fitri Ramdan 13116490
M.Rizky Iqra Bahari 14116200
Marco Jimmy Hendrick 14116248
M.Abyan 14116653
M.Alfinzah 14116696
M.Amin Abdullah 14116710
M.Fernanda Azlyan 14116849
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2019/2020
2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH
SWT karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah Pengantar Teknologi
Multimedia dengan judul materi makalah “Makalah” ini dengan tepat waktu.
Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan Tugas Pengantar Animasi dan
Desain Grafis
Makalah ini ditulis berdasarkan sumber yang
berkaitan dengan materi desain atau animasi, serta informasi dari berbagai
media yang berhubungan dengan materi
Kami berharap makalah ini dapat menambah
wawasan mengenai Multimedia terutama materi mengenai animasi. Sehingga
kita dapat memahami dan mengerti tentang animasi. Dan penulis berharap bagi
pembaca untuk dapat memberikan kritik dan saran agar makalah ini menjadi lebih
sempurna.
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Animasi
2.1.1
Jenis Animasi
2.2
Sekilas
tentang InkScape
2.3
Sekilas
tentang Drawing Cartoons 2
BAB III IMPLEMENTASI
3.1 Pembuatan Animasi
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Informasi memegang peranan penting dalam
kehidupan manusia sehingga sekarang ini dunia teknologi informasi berkembang
dengan pesat. Informasi tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi dalam hal
ini perkembangan dunia komputer yang membuat segalanya lebih dinamis dan efisien.
Penggunaan bidang multimedia ini bisa berupa gambar, teks, video, audio dan
animasi. Bidang multimedia ini banyak digunakan dalam iklan televisi, presensi
atau seminar, desain majalah dan membuat film animasi.
Dalam animasi kami membuat animasi yang menceritakan
tentang aktivitas hewan yang sedang bermain di alam terbuka. Aktivitas para
hewan itu adalah Ada rusa yang sedang berjalan dihutan, dan ada singa yang
terlihat sedang ingin memangsa rusa, akan tetapi singa tersebut menjadi
santapan dinosaurus terlebih dahulu.
1.2.Batasan Masalah
Untuk dapat membuat animasi
kartun Drawing Cartoons 2, tentunya komputer yang akan dipakai untuk
membuat animasi kartun tersebut harus sudah terpasang atau terinstal Drawing Cartoons
2
Dalam
menjalankan Animasi dapat dimainkan
di berbagai software video player yang kompatibel dengan format video *.AVI,
*.MPEG, maupun *.MP4, Terdapat batasan waktu dalam video ini yaitu hanya
berdurasi 15detik.
1.3.Tujuan
Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah
untuk memenuhi tugas Pengantar Desain grafis dan animasi, Serta untuk menambah
wawasan dalam pembuatan animasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Sekilas Tentang Animasi
Animasi adalah gambar yang
bergerak, berasal dari kumpulan objek yang telah di susun sedemikian rupa dan bergerak
mengikuti alur yang sudah ditetapkan setiap hitungan waktu. Dalam hal ini yang
dimaksud dengan “objek” dapat berupa tulisan, gambar hewan, gambar
tumbuh-tumbuhan, gambar manusia, dan lain-lain.
Animasi merupakan grafika yang dimana
menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek tersebut
terlihat hidup. Dengan perencanaan yang benar dan matang maka alur pergerakan
animasi akan menarik untuk di tonton. Jika dalam dunia multimedia animasi
merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan gerak suatu
objek pada layar. Sedangkan orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan
animator.
2.1.1. Jenis Animasi
1. Jenis Berdasarkan Bentuk Yang dibuatnya
- Stop Motion Animation / Claymation
Dikenal juga dengan sebutan claymation,
tekhnik pembuatan animasi ini di temukan oleh Blakton sekitar tahun 1906.
Menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering
digunakan dalam menghasilkan suatu visual efek untuk film-film pada tahun
1950-1960an. Salah satu contoh film yang menggunakan teknik clay misalnya
seperti pada film Chicken Run, dan Shaun the sheep. Tentu yang di gunakan
bukanlah tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan palasticin yaitu suatu
bahan yang lentur/elastis.
-
Animasi
2 Dimensi / 2D
Animasi jenis ini sering di sebut juga
dengan kartun. Kartun/Cartoon dapat diartikan sebagai gambar yang lucu,
Contohnya dapat di lihat pada film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar
yang lucu yang ditampilkannya dan umumnya sangat menghibur. Salah satu contoh
film kartun misalnya seperti Tom & Jerry.
-
Animasi
3 Dimensi / 3D
Semakin berkembangnya teknologi
terutama teknologi komputer maka munculah animasi 3 Dimensi. Animasi 3D
ini merupakan hasil pengembangan dari animasi 2D. Pada animasi 3D objek akan
terlihat semakin hidup serta seperti nyata. Banyak sekali saat ini
film-film yang menggunakan animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).
-
Animasi
Jepang
Disebut juga dengan Anime, saat ini
film-film anime banyak di sukai terutama oleh para remaja. Banyak sekali contoh
filmnya misalnya seperti Naruto, One Piece, Slam Dunk, Dragon Ball, dan
lain-lain.
2.
Berdasarkan
Teknik Pembuatan
-
Animasi
cel
Animasi cel atau celluloid, merupakan
tekhnik pembuatan animasi yang populer. Animasi cel umumnya merupakan lembaran-lembaran
yang akan membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel merupakan bagian
terpisah. Misalnya seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga
bisa bergerak secara mandiri.
-
Animasi
frame
Animasi frame dapat di katakan merupakan
teknik pembuatan yang sangat sederhana, contoh sederhananya seperti saat kita
membuat gambar/objek yang berbeda-beda pada lembaran buku, lalu kita membuka
buku tersebut secara cepat dengan jari kita maka gambar tersebut akan terlihat
seolah-olah bergerak. Jadi teknik pembuatan animasi frame dapat di artikan
sebagai teknik yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukan secara
bergantian. Jika kita menggunakan aplikasi flash animasi ini dapat dibuat
dengan teknik keyframe.
-
Animasi
path
Merupakan teknik pembuatan animasi
yang berasal dari objek yang di gerakan, gerakan tersebut mengikuti garis yang
telah di tentukan oleh pembuatnya. Pada aplikasi macromedia flash, teknik
animasi path dapat digunakan dengan menggunakan layer tersendiri sebagai
lintasan dari objeknya. Umumnya pada animasi path menggunakan perulangan,
sehingga animasinya terus menerus berulang hingga mencapai suatu kondisi yang
di inginkan.
-
Animasi
sprite
Dengan teknik ini memungkinkan objek
dapat bergerak secara individu, jadi objek lainnya hanya sebagai background
atau latar belakang yang tidak dapat bergerak. Pada animasi sprite, objeknya
bergerak tidak dalam waktu bersamaan tapi mempunyai frame per detik yang
berbeda, sehingga jika ingin di edit maka harus di edit setiap masing-masing objek.
-
Animasi
spline
Pada teknik pembuatan animasi spline,
objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus. Dengan teknik ini
memungkinkan objek yang bergerak misalnya mengikuti lintasan seperti berbentuk
kurva.
-
Animasi
clay
Seperti yang sebelumnya sudah di
jelaskan, bahwa animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya.
Tentu yang di gunakan bukanlah tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan
palasticin yaitu suatu bahan yang lentur/elastis. Objeknya di gerakan lalu di
ambil gambarnya secara satu per satu. Setelah itu di edit lalu di susun, maka
akan memberikan efek seolah oleh objek tersebut bergerak.
-
Animasi
vektor
Dapat dikatakan animasi verktor
merupakan teknik pembuatan animasi yang menggunakan rumus matematika dalam
menggambarkan objeknya. Sebenarnya animasi vektor sama dengan animasi sprite,
hanya saja pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk menggambarkan objeknya.
Vektor disebut juga dengan garis yang mempunyai ujung, arah, dan panjang. Pada
animasi vektor objek gambar umumnya bergerak sendiri dengan latar belakang yang
diam.
-
Animasi
Karakter
Salah satu contoh animasi karakter
misalnya seperti animasi 3D yang sering di gunakan untuk membuat suatu film.
Pada animasi karakter setiap objek memiliki ciri dan gerakan yang berbeda, tapi
setiap objek tersebut bergerak secara bersamaan. Tentunya untuk membuat animasi
karakter membutuhkan peralatan komputer, dan perangkat lunak multimedia.
2.2. Drawing Cartoons 2
aplikasi
ini adalah sebuah aplikasi untuk membuat
karakter kartun sesuka hati bagi
seseorang yang hobi menggambar namun terbatas fasilitas kalian bisa mewujudkan
imajinasi kalian lewat sebuah aplikasi android. aplikasi ini memiliki fitur seperti
:
1. Membangun animasi yang halus dengan
keyframes.
2. Tertanam perpustakaan karakter dan item
3. Karakter konstruktor (Anda dapat membuat item dari
awal atau menggunakan template
4. Suara kartun atau tambahkan music
5. Ekspor dan file video (mp4 format) dan bagikan
6. Beberapa fitur perlu dibuka melalui pembelian dalam
aplikasi.
Berikut adalah tampilan pada Drawing cartoons 2
Gambar 2.2 Tampilan Drawing cartoons 2
BAB III
IMPLEMENTASI
3.1 Cara pembuatan Animasi
1. Buka aplikasi Drawing Cartoons 2
Gambar 3.14. Tampilan awal Drawing cartoons 2
2. Pilih background yang diinginkan
Gambar 3.15. Pilih Background
3. Insert Gambar dan gerakkan pada titik yang ada pada
gambar tersebut
Gambar 3.16. Insert dan gerakkan object
4. Masukkan Music
Gambar 3.17. Insert Music
5. Save, dan animasi telah jadi
Gambar 3.18. Hasil Animasi
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 KESIMPULAN
Dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa
proses pembuatan animasi diperlukan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang
dijadikan media pembuatan . Selain
itu dalam merancang animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu
objek animasi itu sendiri, armature atau kerangka tulang dari animasi yang
berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi
mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.
4.2 SARAN
Animasi yang dibuat masih sangat sederhana, karena
keterbatasan pengetahuan, dan dalam
animasi belum mencapai maksimal prosesnya, durasi dalam animasi juga hanya
15detik, dan membuat banyak yang kurang tertarik.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar